About Me

My photo
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Hai! Perkenalkan, Nama saya Aida Hanabi, teman-teman saya suka memanggil saya Ai-chan. Sekarang saya sudah mulai menjalankan bisnis fashion sendiri, yang berpusat di kota Banjarmasin, Kal-sel, Indonesia. Dan saya juga bekerja sebagai Freelance Fashion Consultant, Design, & Fashion Stylist. Saya memiliki toko yang menjual Accecories perhiasan, Souvenir, jam tangan kaos kaki dan kebutuhan remaja lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya mengenai diri saya silahkan mengkonfirmasi saya di Facebook atau twitter dengan e-mail: Aida_hanabi@yahoo.co.id atau Follow Instagram saya @Aida_hanabi dan @RumahBusana_Nur78

Wednesday, September 15, 2010

Izakaya

Apa kamu tahu ke mana para salaryman di Jepang pergi melepas penat usai berkerja seharian? Jawabannya adalah Izakaya! Izakaya adalah semacam restoran atau tempat minum-minum yang juga menyediakan kudapan lezat untuk teman minum. Izakaya sangat populer karena selain tempatnya sederhana, harganya relatif murah dan punya banyak pilihan makanan juga bisa didatangi
beramai-ramai.


Ada yang menerjemahkan kata izakaya menjadi pub atau bar dalam bahasa inggris, namun menurut orang Jepang kata tersebut kurang tepat karena minuman yang dijual di Izakaya sebagian besar adalah bir dan minuman beralkohol khas Jepang seperti sake, shochu dan chuhai. Jumlah kudapan teman minum yang ditawarkan Izakaya juga lebih banyak dibandingkan di pub atau bar. Sejarah munculnya Izakaya bisa di telusuri sejak jaman Edo. Saat itu toko sake yang menjual dagangannya dengan cara ditakar sangat populer. lama-kelamaan para pelanggan mulai meminum sake mereka langsung di tempat pembelian dan muncullah permintaan akan cemilan untuk teman minum. Tempat seperti ini kemudian menjadi populer di kalangan laki-laki terutama yang lajang karena ketersediaan akan minuman dan makanannya.

Pada tahun 1970-an, Izakaya mulai memperluas pangsa pasar dengan menyedia
kan menu minuman dan makanan yang disukai para wanita. Beberapa toko juga menambah dekorasi interiornya supaya lebih menarik bagi wanita untuk datang secara berkelompok atau bersama keluarga. Usaha ini berhasil dan menciptakan image baru bahwa Izakaya adalah tempat yang bisa didatangi oleh siapapun, tua-muda, wanita maupun pria.

Waralaba Izakaya mulai bermunculan pada tahun 1980-an. Waralaba Izakaya ini memasang harga yang lebih murah, dan bisa menampung sejumlah besar orang, tak terlalu berisik dan memiliki banyak pilihan makanan. Tak jarang sekelompok muda-mudi, mahasiswa bahkan karyawan kantoran mengadakan pesta sederhana di tempat ini. Beberapa waralaba Izakaya yang populer antara lain : Suikoden, Amatarou, Tsubohachi, Murasaki, Yourou no Taki dan lain-lain.
Saat ini jenis makanan dan minuman yang ditawarkan di Izakaya semakin beragam. Misalkan saja untuk minuman terdapat sake, bir, shochuu, chuhai, wine, whisky, hoopy dan sour; sementara untuk daftar makanan terdapat rebusan seperti oden dan nikomi, yakitori, kushiyaki (makanan yang disajikan dengan tusuk sate), sashimi, acar Jepang, kimchi, edamame rebus, aneka olahan seafood, sosis bahkan hingga cemilan ringan seperti nori, keju, kacang dll
.
Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang Izakaya! ^_^
Lain kali akan aku coba membahas restoran lainnya. hehe
aduh...!!! Jadi ngiler nih! Ingin pergi ke Izakaya aaaa...

tunggu dulu...! Aku kan ada di Indonesia, Izakaya ada di Jepang! tidak........!!!!
ugh! TT_TT
nggak punya uang buat ke sana....

ya sudah! Daripada aku nangis mending cari topik seru lainnya lagi..... ^_^
jadi sampai jumpa lagi di rubrik lainnya yaaa.... \(^o^)/
uweeeeee.....


sumber : majalah Animonster 138 (kecuali photo)

No comments:

Post a Comment

PLEASE SUPPORT & FEEDBACK TO BUILD!

(MOHON SARAN & KRITIK YANG MEMBANGUN!)

Contact Us

Name

Email *

Message *