JKT48, perlahan tapi
pasti mulai merambah dunia musik Indonesia. Mereka mengawali karir di
dunia musik dan entertainment dari event ke event, show per show, hingga
pada akhirnya mereka resmi “mentas” di theater alias rumah mereka
sendiri pertengahan Mei kemarin. Dan debut mereka di theater bisa
dikategorikan sebagai sukses, mengingat banyak nya fans yang datang dan
pada hari pertama theater, banyak media yang meliputnya.
Konsep Idol Group yang diusung oleh JKT48, merupakan hal yang baru bagi dunia entertainment Indonesia. Konsep itupun sebenarnya merupakan hasil ‘turunan’ dari sister group JKT48, yaitu AKB48
yang berasal dari Jepang. Di Jepang, Idol Group merupakan hal yang
sudah lazim, tetapi konsep Idol Group yang diusung oleh AKB48 beserta
para sister groupnya adalah idol you can meet. Adalah Akimoto Yasushi, dikenal juga sebagai Aki-P,
yang memperkenalkan konsep tersebut, di mana Aki-P ingin menciptakan
Idol Group yang ‘mudah’ untuk dijumpai oleh para fansnya, dan pada
kenyataannya konsep itu berhasil.
Berawal dari iklan Pocari Sweat, JKT48 memulai debutnya di Indonesia dengan manis. Lagu Heavy Rotation yang dibawakan, berhasil memikat masyarakat awam untuk mulai mengenal JKT48. Musiknya yang easy listening dan liriknya yang merupakan perpaduan bahasa Jepang-Inggris-Indonesia, bisa dikatakan berhasil membuai telinga.
Selain Heavy Rotation, ada juga lagu yang berjudul Aitakatta dan Kimi no Koto ga Suki Dakara.
Kedua lagu tersebut juga dipakai dalam iklan yang mereka bintangi.
Walaupun ketiga lagu tersebut bertema cinta, suka, dan perasaan seorang
gadis, tapi tidak seperti lagu-lagu cinta pada umumnya. Aki-P selaku
pencipta lagu tersebut, berhasil mengemasnya dalam musik yang ceria,
membuat siapapun yang mendengarnya menjadi ingin ikut bernyanyi.
Setelah iklan-iklan yang mereka bintangi
cukup sering muncul di layar televisi, pihak manajemen JKT48 mulai
mengembangkan sayapnya dengan memperkenalkan JKT48 Theater. Suatu hal
yang baru di Indonesia, tapi sebagai sister group dari AKB48, maka JKT48
pun diharuskan memiliki theater-nya sendiri. Di theater ini, JKT48
menyanyikan lagu-lagu cover dari AKB48. Untuk theater pada bulan Mei
kemarin, JKT48 menyanyikan lagu-lagu AKB48 dari setlist Pajama Drive.
Dengan total sekitar 16 lagu, penampilan apik JKT48 di theater berhasil
menarik perhatian fans pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Dengan liputan media, diharapkan nama JKT48 akan semakin dikenal
nantinya.
Sejauh ini, JKT48 patut diacungi jempol.
Rutinitas latihan yang nyaris tanpa henti setiap harinya, membuat
fans-fans mengapresiasi usaha dan kerja keras mereka. Dengan konsep idol
you can meet, masyarakat diharapkan untuk ikut melihat perkembangan
dari mereka. Bahkan masyarakat juga diharapkan ikut berkembang seiring
dengan perkembangan JKT48. Melalui social media (twitter, facebook, G+),
fans-fans bisa mengetahui langsung aktivitas sehari-hari dari idola
mereka. Sungguh suatu terobosan yang baru bagi dunia musik dan
entertainment di Indonesia. Dengan menentang tren girlband yang
sedang marak di Indonesia, kehadiran JKT48 membawa angin segar bagi
dunia musik Indonesia. Patut kita tunggu, akan sejauh apakah JKT48
melangkah? Apakah konsep idol you can meet akan berhasil di
Indonesia? Yang jelas sampai saat ini, JKT48 telah berhasil menyihir
para fansnya dengan penampilan yang memukau. Selamat datang di (dunia
musik) Indonesia, JKT48!! I want you..I need you..I love you..Aitakatta!!
No comments:
Post a Comment
PLEASE SUPPORT & FEEDBACK TO BUILD!
(MOHON SARAN & KRITIK YANG MEMBANGUN!)