About Me

My photo
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Hai! Perkenalkan, Nama saya Aida Hanabi, teman-teman saya suka memanggil saya Ai-chan. Sekarang saya sudah mulai menjalankan bisnis fashion sendiri, yang berpusat di kota Banjarmasin, Kal-sel, Indonesia. Dan saya juga bekerja sebagai Freelance Fashion Consultant, Design, & Fashion Stylist. Saya memiliki toko yang menjual Accecories perhiasan, Souvenir, jam tangan kaos kaki dan kebutuhan remaja lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya mengenai diri saya silahkan mengkonfirmasi saya di Facebook atau twitter dengan e-mail: Aida_hanabi@yahoo.co.id atau Follow Instagram saya @Aida_hanabi dan @RumahBusana_Nur78

Monday, May 11, 2009

Kuchisake Onna

Kuchisake Onna [atau yang berarti 'wanita bermulut sobek'] adalah salah satu urban legend yang sangat terkenal di kalangan anak-anak dan remaja Jeapang. Youkai ini memiliki ciri khas memakai masker bedah dan membawa gunting atau belati. Kuchisake Onna ditakuti karena ia dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin yang tidak segan menculik dan memutilasi korbannya dengan cara yang sama seperti yang pernah ia alami. Nama Kuchisake Onna pertama kali mencuat ketika youkai ini disebut sebut menampakan diri pada musim semi dan panas tahun 1979.
Berbeda dengan youkai lainnya, Kuchisake Onna cenderung menampakkan diri saat matahari masih bersinar, khususnya sore hari saat anak-anak baru pulang sekolah. Isu kemunculan Kuchisake Onna kembali menyeruk pada bulan Oktober 2007 ketika ahli forensik menemukan benang merah antara peristiwa 1979 dengan ditemukannya jasad seorang wanita. Wanita itu ditemukan dengan kondisi mulut sobek menganga dari telinga kiri ke telinga kanan. Berdasarkan para saksi, sebelum meninggal wanita berpenampilan mencurigakan itu tengah menculik seorang anak kecil, namun tewas tertabrak mobil saat menyeberang jalan. Tidak hanya di Jepang, di Korea juga pernah terdengar isu kemunculan Kuchisake Onna namun bedanya memakai masker berwarna merah. Kisah youkai Kuchisake Onna dilatar belakangi banyak versi. Versi pertama dikisahkan ratusan tahun yang lalu [di periode Heian] hidup seorang wanita muda yang berparas cantik. Wanita ini adalah istri seorang samurai. Karena kecantikan yang luar biasa, banyak laki-laki yang tertarik kepadanya dan wanita ini diam-diam berselingkuh. Mengetahui hal itu, sang suami cemburu dan sangat murka hingga nekad menganiaya wanita ini dengan cara menyobek mulutnya sambil berteriak "Nah, sekarang siapa yang akan berpikir kalau kamu cantik?". Wanita itu kemudian tewas akibat luka tusuk. Arwahnya yang tak tenang kemudian membawa dendam dan meneror orang orang di sekitarnya. Versi lainnya menyebutkan Kuchisake Onna adalah korban percobaan bedah kosmetik. Dokter yang melakukan malpraktek membuang mayatnya ke suatu tempat. Ada juga yang menyebutkan kalau Kuchisake Onna adalah wanita yang dibunuh oleh saudara perempuannya yang iri akan kecantikannya.


Cara menyerang

Memakai masker bedah di Jepang untuk aktivitas sehari hari merupakan kebiasaan yang umum, terutama saat musim dingin atau musim flu. Karenanya, Kuchisake Onna bisa dengan mudah masuk ke dalam kerumunan orang tanpa perlu dicurigai. Saat bertemu dengan korbannya, Kuchisake Onna akan melontarkan sebuah pertanyaan : "Watashi Kirei?" [apakah aku cantik?]. Jika sang korban menjawab 'Ya', maka Kuchisake Onna akan membuka maskernya dan bertanya balik "walaupun wajahku seperti ini?". Jika sang korban panik ketakutan, ia akan langsung membunuhnya. Begitu pula jika kamu menjawab tidak, Kuchisake Onna akan marah dan langsung melayangkan belatinya. Dalam bahasa Jepang, kata Kirei [cantik] dan Kire [memotong] merupakan homofon.

Perlindungan

Jika bertemu dengan Kuchisake Onna, jangan panik dan jangan berlari. Konon Kuchisake Onna punya kecepatan lari 100 yard/3 detik, melebihi kecepatan atlet Olimpiade. Bahkan yang kabur dengan mengendarai motor pun dapat dikejarnya. Cara terbaik untuk kabur dari Kuchisake Onna adalah dengan menjawab "hmm, lumayan." atau bertanya balik pada Kuchisake Onna dengan pertanyaan yang sama sebelum menjawab pertanyaan dia. Saat Kuchisake Onna tengah berpikir, segera pergi menjauh. Kadang Kuchisake Onna juga tidak mau menjawab dan pergi membiarkan korbannya. Alternatif lain, berikan Kuchisake Onna permen bekko ame, atau gunakan pomade. Konon, aroma pomade mengingatkannya pada dokter bedah kosmetik yang melakukan malpraktek padanya, karena dokter tersebut mengenakan pomade yang tebal pada rambutnya.

Kuchisake Onna dalam film dan manga

Tahun 1996, film Kuchisake Onna dirilis dengan kisah yang lebih modern belatar belakang bedah plastik. Lalu tahun 2007, film Kuchisake Onna dirilis kembali dengan sutradara Koji Shiraishi. Tidak sedikit pula anime yang mengadaptasi Kuchisake Onna ke dalam kisah kisahnya, terutama anime yang dirilis tahun 80-an. Beberapa manga seperti Jigoku SenseiNube dan Uwasaya juga memuat karakter Kuchisake Onna. Tokoh utama film gore Ichi the Killer disebut sebut juga terinspirasi dari Kuchisake Onna. Berdasarkan hasil survei, 9 dari 10 pelajar di Jepang mengetahui legenda Kuchisake Onna. Berkat kepopulerannya, di Shigeru Mizuki-dori yang terletak di daerah Sakaiminato, Tottori terdapat patung Kuchisake Onna yang sedang tertawa meyeringai.

Data

Jenis kelamin : Wanita
Tinggi / berat : Selayaknya ukuran tubuh wanita muda Jepang.
Ciri fisik : Rabut panjang, memakai masker bedah, taring di mulut yang dekat dengan telinga.
Jumlah gigi : 130 buah
Kelemahan : Aroma pomade rambut
Alat penangkal : Bekko ame [sejenis permen kristal]
Keahlian : Berlari dengan kecepatan 100 yard/ 3 detik
Habitat : Perkotaan dan kawasan perumahan di Jepang.

sumber : majalah Animonster

No comments:

Post a Comment

PLEASE SUPPORT & FEEDBACK TO BUILD!

(MOHON SARAN & KRITIK YANG MEMBANGUN!)

Contact Us

Name

Email *

Message *