About Me

My photo
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Hai! Perkenalkan, Nama saya Aida Hanabi, teman-teman saya suka memanggil saya Ai-chan. Sekarang saya sudah mulai menjalankan bisnis fashion sendiri, yang berpusat di kota Banjarmasin, Kal-sel, Indonesia. Dan saya juga bekerja sebagai Freelance Fashion Consultant, Design, & Fashion Stylist. Saya memiliki toko yang menjual Accecories perhiasan, Souvenir, jam tangan kaos kaki dan kebutuhan remaja lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya mengenai diri saya silahkan mengkonfirmasi saya di Facebook atau twitter dengan e-mail: Aida_hanabi@yahoo.co.id atau Follow Instagram saya @Aida_hanabi dan @RumahBusana_Nur78

Wednesday, December 24, 2008

HUTAN HUJAN

Hutan hujan adalah areal yang padat,hangat dan basah (akibat curah hujan yang tinggi) dan merupakan surga bagi jutaan tumbuhan dan binatang.Hampir dua pertiga makhluk hidup di muka bumi hidup di hutan hujan.Keberadaan hutan amat penting bagi planet kita,karena jutaan tumbuhan di hutan hujan telah menyediakan oksigen untuk manusia di bumi dan masih banyak lagi manfaat hutan hujan.

  • DIMANAKAH HUTAN HUJAN BERADA?
Hutan hujan yang luas bisa ditemukan di daerah sekitar garis khatulistiwa,seperti Amazon, Nikaragua,bagian selatan semenanjung Yukatan-El Peten-Belize di Amerika Tengah,sebagian afrika (Kamerun-Kongo),Asia Tenggara (Myanmar-Indonesia dan papua Nugini),utara dan timur Australia,serta di kepulauan Hawaii.

  • BINATANG PENGHUNI HUTAN HUJAN
Kalau mau dihitung,mungkin ada banyaaaaak sekali hewan yang tinggal di hutan hujan.Mulai dari jenis mamalia,reptil,burung,serta invertebrata (hewan tak bertulang belakang).Ada harimau,oranghutan,tarsius,kadal,beruang,burung cendrawasih,ular dan lain lain.Lebih dari setengah populasi tanaman dan hewan di bumi terdapat di hutan hujan.Jumlahnya tak kurang dari 5 juta spesies!

  • LAPISAN LAPISA HUTAN HUJAN
Hutan hujan biasanya memiliki luas wilayah yang sangat besar.Hutan hujan ini bisa didiami oleh berbagai jenis binatang dan tumbuhan yang berbeda beda tergantung lapisan mana hewan dan tumbuhan itu berada.Para ilmuwan membagi hutan hujan ke dalam empat tingkatan (zona) berdasarkan ketinggiannya.

Lapisan hutan hujan

1.Forest Floor (Lapisan paling rendah dihutan hujan)


D
imulai dari lapisan terendah yaitu forest floor atau disebut juga shrub level.Forest Floor atau lantai hutan.Di area ini cahaya mataharinya sangat sedikit.Selain serangga,binatang binatang hutan hujan yang berukuran besar kebanyakan hidup disini,seperti harimau,beruang,gajah,dan sebagainya.

2.Understory ( Under Canopy)

S
etelah bagian paling dasar hutan yang biasa kita pijak yang disebut Lantai Hutan atau Forest Floor, kita naik satu tingkat yaitu ke bagian Understory atau juga disebut Under Canopy.Bagian ini terletak tidak jauh dari lantai hutan. Merupakan lingkungan yang gelap dan dingin, terletak dibawah dedaunan dan berada jauh di atas tanah. Merupakan rumah bagi kadal, burung, ular, dan lain lain.

3.Emergents

T
erdiri dari pepohonan raksasa yang menerobos atap hutan (canopy) untuk memperoleh cahaya matahari yang mereka butuhkan. Emergents adalah rumah bagi banyak burung dan serangga.

4.Canopy (Lapisan teratas)

Biasanya disebut atap hutan. Merupakan bagian atas dari pepohonan dan terdiri atas ranting dan dedaunan lebat yang menaungi bagian lapisan hutan dibawahnya. Di lapisan inilah sebagian besar spesies hidup, termasuk serangga, burung, reptil, mamalia, dan banyak lagi.

Sumber : Majalah KIDDO edisi 41 - 45

No comments:

Post a Comment

PLEASE SUPPORT & FEEDBACK TO BUILD!

(MOHON SARAN & KRITIK YANG MEMBANGUN!)

Contact Us

Name

Email *

Message *