About Me

My photo
Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia
Hai! Perkenalkan, Nama saya Aida Hanabi, teman-teman saya suka memanggil saya Ai-chan. Sekarang saya sudah mulai menjalankan bisnis fashion sendiri, yang berpusat di kota Banjarmasin, Kal-sel, Indonesia. Dan saya juga bekerja sebagai Freelance Fashion Consultant, Design, & Fashion Stylist. Saya memiliki toko yang menjual Accecories perhiasan, Souvenir, jam tangan kaos kaki dan kebutuhan remaja lainnya. Jika ingin tahu lebih lengkapnya mengenai diri saya silahkan mengkonfirmasi saya di Facebook atau twitter dengan e-mail: Aida_hanabi@yahoo.co.id atau Follow Instagram saya @Aida_hanabi dan @RumahBusana_Nur78

Monday, December 22, 2008

Japan Horror

Sejak dahulu,masyarakat jepang percaya adanya makhluk makhluk irasional untuk menjelaskan fenomena fenomena yang tak bisa dijelaskan secara rasional pada masa itu.Makhluk mekluk irasional tersebut ada yang dikelompokan sebagai obake,youkai,yuurei, dan oni.
Obake adalah suatu atau semacam benda yang berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.Youkai adalah hantu yang diyakini sebagai penjelmaan roh alam dll,tetapi bukan berasal dari roh orang yang mati.Yuurei roh roh orang mati yang tetap ada diantara oranga orang hidup untuk tujuan khusus,biasanya untuk balas dendam,yuurei bila secara harfiah adalah roh yang tidak jelas atau redup bisa juga roh yang suram.Dan oni adalah raksasa yang memiliki tanduk dan memangsa manusia.Berikut ini adalah makhluk makhluk yang dianggap paling menakutkan di Jepang.



Azukiarai
Azukiarai juga disebut Azukitogi,adalah youkai yang kerap muncul di dekat sumber air atau sungai.Ditandai dengan suara gemerisik seperti orang sedang mencuci kacang merah dan kadang kadang juga terdengar suara nyanyian,"azuki togau ka,hito totte kuou ka?Shoki shoki..."(apakah aku harus menggiling kacang merah ataukah menangkap seseorang untuk kusantap?Shoki shoki).Orang yang mendekati asal suara itu akan ditarik ke dalam air sampai tenggelam.

Bakeneko
Bakeneko secara harfiah berarti monster kucing,yaitu kucing yang memiliki kemampuan supranatural karena telah mencapai usia tertentu,memiliki ukuran tertentu atau dibiarkan memiliki ekor yang panjang.Bekeneko sering mengganggu orang orang ditempatnya tinggal dengan mengganggu orang tidur dengan mimpi buruk,memunculkan bola arwah,berubah wujud jadi manusia,berjalan dengan dua kaki,bahkan memakan tuannya sendiri untuk bertukar tempat.Dia juga dipercaya bisa berubah menjadi orang yang mayatnya dilangkahinya.Bekeneko dapat dikenali dari ekornya yang terbelah dua dan kebiasaannya yang menjilati minyak untuk lampu.Bila dia tertangkap dan dibunuh,diyakini wujud aslinya akan muncul dan panjangnya mencapai 1,5 meter.

Funayuurei

Funayuurei secara harfiah berarti marine spirit,yaitu hantu dari orang orang yang meninggal di laut.Biasanya hantu ini akan mendekati kapal dan meminjam ember penciduk.Bila penumpang kapal itu meminjamkannya,para Funayuurei akan menciduki air laut ke dalam kapal sampai kapal itu tenggelam.

Futakuchi-onna
Futakuchi-onna adalah youkai berupa wanita bermulut dua.Yang satu berada di wajah layaknya orang biasa, dan satunya ada di belakang kepalanya,tertutupi rambut.Wanita yang menjadi Futakuchi-onna sifatnya pelit dan jarang makan.Untuk memenuhi kebutuhan perutnya,sebuah mulut akan muncul secara misterius dari belakang kepalanya.Mulut itu akan mengomel terus dan meminta makan.Bila keinginannya tak dituruti,mulut itu akan menjerit serta meneriakkan kata kata kotor dan wanita tersebut akan kesakitan.Rambut wanita itu akan berubah menjadi "sepasang tangan" dan membantu mulut ke-2 itu menyantap makanan.

Ittan-momen
Youkai ini terkenal karena kemunculannya dalam cerita cerita rakyat dari Prefektur Kagoshima, Jepang.Ittan-momen berbentuk lembaran kain katun putih sepanjang 10 meter,yang melayang layang di udara dan menyerang manusia dengan cara membelit kepala dan lehernya sampai mati kehabisan nafas.

Jorougumo
Youkai laba laba betina yang dapat berubah wujud menjadi gadis yang amat jelita.Konon,setelah mencapai usia 400 tahun laba laba betina akan berubah menjadi Jorougumo.Ia memanggil mangsanya,tentu saja laki laki,dengan alunan biwa yang dipetiknya.Laki laki itu akan terhipnotis dan menjadi santapan Jorougumo.

Kubikajiri
Yuurei yang kerap terlihat di kuburan saat hari telah gelap.Konon,kubikajiri mencari cari kepalanya yang hilang dan tak segan mamakan kepala orang yang ditemukannya,apakah orang itu masih hidup ataukah sudah jadi mayat.

Kuchisake-onna
Kuchisake-onna atau wanita bermulut sobek biasanya tampil sebagai wanita cantik berbaju merah dan memakai masker di mulutnya.Ia kerap muncul di malam berkabut.Bila bertemu seseorang ia akan bertanya,"
Watashi kirei?"(Apakah aku cantik?).Bila orang itu menjawab ya,Kuchisake-onna akan melepas maskernya seraya berkata "Meski wajahku begini?".Namun bila orang itu menjawab tidak,maka Kuchisake-onna akan menyerangnya dengan pisau,gunting atau sabit.Dalam b.jepang,kata kirei (Cantik) memang memiliki bunyi yang mirip dengan pengucapan kata kire (memotong).Bila ingin selamat dari serangannya,jawablah dengan "Lumayan",dan saat wanita tersebut berpikir,sebaiknya kita melarikan diri.Ada juga yang mengatakan Kuchisake-onna benci pomade (minyak rambut).Ia juga tidak akan menyerang anak anak yang memberinya permen.

Okiku
Termasuk golongan yuurei,kisahnya tercantum dalam cerita
Banchou-sarayashiki.Tadinya ia adalah seorang pelayan yang sangat cantik.Majikannya menyukainya dan berusaha mendapatkannya dengan cara licik karena Okiku selalu menolak.Majikan lalu menuduhnya menghilangkan salah satu dari 10 piring antik harta keluarga.Okiku terus menghitung piring itu, namun tak menemukan yang ke-10.Majikannya mau mengampuninya asalkan Okiku mau jadi kekasihnya.Okiku tetap menolak dan majikan mendorongnya ke dalam sumur.Okiku menjadi hantu pembalas dendam yang menyiksa pembunuhnya dengan menghitung sampai sembilan dan akan berteriak histeris saat hitungan ke-10.
Oni
Oni adalah raksasa berambut kusut,bertaring dan bertanduk.Pakaiannya biasanya berupa cawat dari kulit harimau dan membawa gada besi sebagai senjata.Ada yang melukiskannya dengan warna kulit merah,biru atau hitam.Ada masyarakat jepang yang menganggap Oni adalah makhluk yang baik hati dan ramah--senang menyajikan makana dari ulat kepada tamunya,tapi Oni tetap dianggap makhluk yang keji dan gemar memakan manusia.

Onryou
Onryou adalah yuurei penuntut balas.Yang jadi onryou biasanya kaum wanita,antara lain,wanita yang mati menderita karena disia siakan suaminya,mati menderita karena dihianati,bunuh diri dengan memendam cemburu atau patah hati.Biasanya muncul dengan pakaian putih yang identik dengan kimono kematian,rambut panjang terurai berantakan dan wajah pucat kebiruan. Sadoka Yamamura dalam film The Ring juga termasuk salah satu contoh onryou.

Ubume
Ubume adalah roh wanita yang meninggal saat melahirkan atau meninggal namun masih
mengkhawatirkan nasib anaknya.Muncul dengan berpakaian putih dan rambut panjang berantakan,mirip seperti onryou.Yang membedakannya,Ubume akan membawakan anak mereka makanan atau permen yang dibeli dengan uang yang berasal dari dedaunan kering.Banyak cerita tentang ubume,yang mengajarkan kita tentang kewajiban seorang ibu terhadap anaknya.Sayangnya,ubume juga kerap muncul dengan sosok berlumuran darah,siapa yang nggak takut...?

Yuki-onna
Youkai berwujud wanita cantik yang memiliki rambut panjang yang indah dan berkulit pucat. Kadang kadang muncul mengenakan kimono putih,namun ada juga yang bilang dia tidak berbusana.Wajahnya cantik tapi memancarkan kekejaman.Ia melayang di atas salju dan tak meninggalkan jejak kaki,dan dapat berubah menjadi asap,kabut maupun salju.Yuki-onna identik dengan musim dingin,dan muncul di malam berbadai salju untuk mencari mangsa manusia,terutama laki laki.Yang menjadi mangsanya,akan dibekukan dengan nafasnya sebelum jiwanya diambil.
Sumber : Majalah Animoster edisi 116

1 comment:

  1. Eh, Ai-chan!Watashi Ari, mau nanya hantu jepang ad g yg lain selain ini!Yg di anggap menakutkan di jepang? Tapi yg di atas ckup serem juga apa lgi yg hantu kuchisake onna itu g kebayang gmn klo ketemu???!!!

    ReplyDelete

PLEASE SUPPORT & FEEDBACK TO BUILD!

(MOHON SARAN & KRITIK YANG MEMBANGUN!)

Contact Us

Name

Email *

Message *